Berita

  • 0

    Situs PBA di www.pba.iaic.ac.id

    Posted On: 2009-03-02 22:32:39

    Alhamdulillah jurusan Pendidikan Bahasa Arab sudah memiliki web site dengan alamat www.pba.iaic.ac.id semoga web site ini berguna bagi kita semua amiin.
  • 0

    Workshop Kurikulum PBA

    Posted On: 2009-03-02 22:19:17

    Tanggal 19-21 Februari 2009 lau, dosen jurusan PBA IAIC cipasung Tasikmalaya mengikuti workshop kurikulum PBA yang diselenggarakan oleh Team Center of Excellence PBA IAIC di Hotel Andalus 2 Cibogo, Cipasyung Bogor. Kegiatan ini diikuti seluruh dosen PBA yang berjumlah 21 orang dengan narasumber dari UIN Syahida Jakart, antara lain Prof.Dr.H.Aziz Fahrurrozi, M.A., Prof.Dr.H.H.D.Hidayat, M.A, DR.Muhbib Abdul Wahab, M.A. Prof.Suhendra Yusuf, M.A. dan fasilitator dari UIN Bandung, Drs.Agus Karim, Drs. Abdul Hadi, dan Dedi Wahdi, S.Pd.I
  • 1

    Center of exelence PBA IAIC Tasikmalaya

    Posted On: 2009-01-28 18:45:29

    Bila tak ada aral melintang, kamis, 11 desember 2008 ini, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah IAIC Cipasung Tasikmalaya akan menggelar launching program Center of exelence pembelajaran Bahasa Arab berbasis ICT. Acara launching ini akan dihadiri DR. H. Afandi, sek. Ditjen Pendidikan Islam Depag RI, departemen yang telah memilih IAIC Cipasung sebagai institusi yang diamanati mengasuh program mulia ini.

     

    Sebelumnya, tanggal 25-26 November lalu, sekitar 110 mahasiswa PBA IAIC telah memulai tahapan program ini dengan mengadakan rihlah ilmiah (study tour) ke Malang, tepatnya ke Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Rihlah Ilmiah ini, telah memberikan kesegaran gairah bagi terciptanya suasana kondusif menghadapi program yang akan dilaksanakan dalam durasi setahun ke depan ini.

     

    Rihlah Ilmiah ini, membukakan wawasan tentang dinamisnya kampus UIN Malang yang setidaknya mempunyai dua produk unggulan yang hampir tak ada rivalnya di kampus-kampus lain yang ada di tanah air. Dua program unggulan itu adalah Ma’had ‘ali (pesantren luhur) dan PKPBA (Program Khusus Pengajaran Bahasa Arab). Ma’had Ali adalah pesantren yang diselenggarakan UIN Malang yang mewajibkan semua mahasiswa tingkat satu (2000 mahasiswa pertahun) tanpa kecuali, tinggal di asrama yang disiapkan kampus untuk ditempati dalam setahun lamanya. Semua mahasiswa itu diwajibkan menjadi santri dan diajarkan pelajaran-pelajaran khas pesantren. Sedangkan PKPBA adalah proyek yang sama wajibnya diikuti oleh seluruh mahasiswa UIN, PKPBA adalah model pembelajaran Bahasa Arab aktif yang diikuti seluruh mahasiswa di luar pengajaran formal di kelas. Uniknya, kedua program ini diapresiasi seluruh mahasiswa, dan juga tenaga pengajar Bahasa Arab yang bisa dibayangkan betapa banyak jumlahnya.

     

    Rihlah Ilmiah ini dipimpin langsung oleh Rektor IAIC, KH.A.Bunyamin Ruhiat Drs. M.SI. Selain beliau, rombingan juga didampingi Dekan Fakultas Tarbiyah H. Dendi Y. Safrulloh M. Ag.,  ketua jurusan Pendiikan Bahasa Arab IAIC, Asep M. Tamam M. Ag. dan beberapa dosen PBA.    

     

    Bagi warga PBA, anugerah yang datang tak dinyana ini merupakan kesempatan emas dalam rangka aktualisasi diri sebagai mahasiswa langka. Disebut langka, karena IAIC adalah satu-satunya Institusi dan lembaga perguruan tinggi Islam swasta di Jawa Barat yang menyelenggarakan program Pendidikan Bahasa Arab (PBA). PBA IAIC sendiri, dalam beberapa tahun ke belakang mendapatkan momentum terbaiknya, jumlah mahasiswanya yang kian tahun terus meningkat pesat.

     

    Semoga, program center of exelence ini menjadi langkah awal, seluruh civitas akademika mahasiswa Islam Tasik,  IAIC khususnya menguasai teknologi  modern, di jaman yang memang lekat dengan ICT ini.

     

    (Tim Majalah Kampus “Izdihar” IAIC Cipasung Tasikmalaya

     

 
 

Recent Comment

  • dr.emi on Center of exelence PBA IAIC Tasikmalaya

    2009-01-28 20:46:18
    test euyyyy
  •  

    Searching

     
     

    Links

     

    Stats

     
     
     
     
    © 2009 PBA IAIC Cipasung Jawa Barat